Translate This Blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pertanyaan-Pertanyaan yang biasa Muncul dalam Toefl


Dear pembaca sekalian, kali ini saya ingin berbagi tentang pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul dalam toefl terutama bagian reading comprehension.( Ada baiknya anda membaca tips sukses dalam toefl terlebih dahulu) Nah berikut pertanyaan-pertanyaannya;
400 Must-Have Words for the TOEFL1. Biasanya dalam soal reading di TOEFL(Test of English as a foreign language),..banyak banget pertanyaan Main Idea(ide utama)pertanyaannya bisa berupa :What is the topic of this passage(Apa topic bacaan ini)?,atau juga Which of the following would be the best title for this passage (judul apakah yang paling tepat/bagus untuk bacaan ini)?,,dan beberapa pertanyaan lagi,…biasanya untuk menjawabnya coba kita baca baris pertama pada paragraph pertama,..atau baris terakhir pada paragraph terakhir,..nah coba deh,..pasti bisa!
2. Nah yang kedua yang sering kita temukan dalam soal TOEFl juga,…menemukan bagaimana hubungan paragraph satu dan paragaraph berikutnya,…dalam inggrisnya biasa di ucapkan “recognize the organization ideas”,…nah misalnya dalam passage ada 2 paragraph maka bagaimana hubungan antara paragraph 1 berhubungan dengan paragraph 2,misalnya paragraph kedua refutes the idea in the first paragraph(paragraph kedua membuktikan ide yang ada di paragraph pertama).
3. Yang ketiga “find unstated details”,..sebenarnya aq bingung juga menjelaskan dengan kemampuan bahasa Indonesia ku yang tidak cukup memadai,…tapi aq coba,.disini kita mencoba menemukan atau langsung menilik ke detail bacaan,..biasanya ditanyakan: which of the following is not true about the word “gadget”(Apa kalimat yang tidak benar tentang “gadget”)? Atau bisa juga Which of the following is not mentioned in the passage (apa yang tidak disebutkan dalam bacaan)
4. Yang selanjutnya “find pronoun reference”,..ini adalah bagaimana kita mencari kata ganti dalam bacaan,…dalam English subjek jika sudah berada di akhir paragraph maka tidak akan disebutkan secara lengkap melainkan memakai kata ganti(pronoun),…tapi jangan takut,..memahami untuk mencari pronoun ini tidak terlalu sulit,…biasanya bentuk pertanyaanya “the pronoun ‘it’ in line 8 refers to(kata ganti yang ada di baris 8 kembali kepada)?”,…biasanya kata ‘refers to ‘ selalu ada dalam setiap pertanyaan untuk find pronoun referents,cara mencarinya baca kalimat itu dari mulai ada tanda titik atau dari awal kalimat,…sehingga kita bisa menemukan subjek dalam kalimat tersebut dan kemudian kita bisa menentukan apakah subjek itu ditukar jadi pronoun di akhir kalimat,..mudahkan?

5. Pada bagian ini aq sering mendapat kesalahan “answer implied detail questions correctly” atau bahasa gaulnya,..menjawab bagaian detail yang tersirat dalam bacaan”,nah biasanya pertanyaan ini memakai kata implied,inferred,likely,probably”,untuk menemukannya kita memang harus mengerti atau menarik kesimpulan dari apa yang kita baca tapi yang bersifat detail bukan secara umum,..contoh kalimat pertanyaannya “it is implied in the passage that(yang tersirat dalam bacaan tersebut adalah)?,atau juga “it can be inferred from the passage(dapat disimpulkan dari bacaan tersebut)
6. Ini bagian sebenarnya kita disuruh jadi sutradara sebuah bacaan,..bagaimana kita dapat menentukan bacaan sebelum dan sesudah paragraph yang tersedia,..jadi kita memang disuruh membayangkan berdasarkan analisis yang jelas(bukan membayangkan yang tidak jelas),…biasanya pertanyaanya sering memakai kata “preceding atau following”,..contoh pertanyaannya “the paragraph preceding this passage most probably discusses(paragraph sebelumnya mungkin mendiskusikan tentang)?”,..atau bisa juga “the topic of the paragraph following the passage most likely is(Topic paragraph selanjutnya adalah)?”,..nah bagaimana menemukannya ,…kalau ditanyakan preceding atau sebelumnya maka bacalah kalimat pertama di paragraph pertama atau pahami paragraph pertama,..kalau untuk following or selanjutnya maka bacalah kalimat terakhir dari paragraph terakhir,…coba deh!pasti bisa.
8. Di poin yang ini nih,..kita diminta mencari arti dari sebuah kata dengan menganalisa bagian katanya,.misalnya ni teman-teman “decade”,.dalam bahasa Indonesia 1 dekade adalah 10 tahun,..nah jika pertanyaannya seperti ini “In line 5,the word “decades” is closest in meaning to”,..teman-teman pasti udah tau jawabannya,…nah contoh lain lagi kata sub dalam English adalah dibawah,..misalnya subordinate clause anak kalimat dari kalimat inti,..artinya subordinate clause merupakan bagian dari satu clause (kalimat) tetapi ada setelah kalimat inti,…ada beberapa kata yang perlu diingat disini : contra(against artinya berlawanan),mal(bad artinya jelek contohnya konkrit katanya adalah Mal practice yang sering terjadi di Negara kita),mis(error artinya kesalahan,miss communication alias gak nyambung),multi(many artinya banyak misalnya kata multiple choice dalam ujian atau tes-tes yang sering kita jalani),dan banyak kata lagi yang aq juga gak hapal alias masih liat contekan teacher ku kalau belajar.
9. Sebenarnya inti dari reading comprehensionnya Toefl adalah memahami inti atau isi dari bacaan tersebut,..pertanyaan-pertanyaan yang sering appears(muncul) adalah pertanyaan mencari makna satu kata dalam kalimat,..contohnya “line in the passage ‘the barges headed across the lake,..so the question : A ‘Barge’ is probably which of the following?”nah jika kita paham apa makna kalimat diatas maka kita akan menjawab ‘barge’ itu kapal (boat),..banyak kata yang amat bertata bahasa dengan baik di passage soal toefl sehingga seringkali tidak biasa kita pakai,…nah untuk mengakali hal ini,..pahami kalimatnya secara utuh,jika sudah seperti itu maka arti dari sebuah kata dapat ditebak,..tapi tetap saja toefl membutuhkan latihan yang cukup sering sehigga kita hafal dengan soalnya dan kita hafal dengan jawabannya,..hafal disini bukan berarti soal toefl itu selalu diulang-diulang tapi karena begitu seringnya kita mengerjakan maka akan terbiasa,..seperti kata Steven Covey “pertama kamu harus membuat suatu kebiasaan tapi lama kelamaan kebiasaan itulah yang akan membentuk kamu”,..it’s ok,.mari kita membiasakan diri dengan toefl setelah itu toefl akan terbiasa dengan kita.


10. Kompleksitas pertanyaan toefl itu pertanda bahwa soal-soalnya telah di uji validitas dan realibilitasnya,…karena mengandung semua pengetahuan kita tentang English,..untuk bagian ini kita diminta mencari meanings of simple words(makna dari kata yang mudah),..tapi dianjurkan untuk mencari maknanya yang jauh berbeda dari arti sebenarnya,..misalnya nih : “he put his answer this way ,..the question ;the word ‘put’ is closest meaning to which of the following ?”,..put sebenarnya dalam makna kamus adalah menanamkan,menaruh tapi jika kita masukkan kedalam kalimat tidak akan sesuai maknanya,..maka carilah maknanya yang jauh dari arti sebenarnya.
11. Determine where specific information is found (menentukan dimana infomasi detail dapat ditemukan),..biasanya kita ditanya satu kalimat berada di line(baris) berapa,…example konkritnya “where in the passage does the author discuss the composition of the meteor?(dimana didalam kalimat penulis mendiskusikan bahan-bahan dari meteor)”nah untuk mencari kita coba menemukan dahulu key(kata kunci),..jangan berfikir ribet dengan key,..kalimat diatas kata kuncinya adalah “composition of the meteor”,..silahkan cari dan yang pasti kita bisa menemukannya.
12. Menentukan the tone(nada),purpose(tujuan),course(mata kuliah atau passage itu membicarakan bidang apa),.contoh pertanyaannya: “the tone of the passage is”bacaan itu bermacam tipe nadanya,..ada yang informational,humorous,outraged,..atau angered,..nah untuk pertanyaan purpose biasanya seperti ini “the author’s purpose in this passage is to”,.contoh dari pertanyaan course adalah “the passage would probably be assigned reading in a course on?”
Catatan singkat ini hanya untuk mempermudah pemetaan fikiran dalam memahami reading comprehension terutama dalam toefl, tapi tetap exersice adalah salah satu kuncinya, baca kunci sukses dalam toefl disini

Sumber; http://harikuakhiratku.blogspot.com

Related Post:

1 comments:

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah said...

>>>.....&&&& Amankan Pertamax Cuy &&&&.....<<<
He

Boz gak bisa verifikasi paypal maksudnya yang gimananya?

oh yah, maaf yah boz $ lum dikirim ke PP you,,, PP aku Limited ne, lagi memperbaikinya ne...
Bingung aku, wa wa wa duhhhhhhhhhhhh....

Post a Comment


Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik disini