Translate This Blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengertian Mailing List dan Email

Apakah anda tahu apa itu MILIS? Sebelum kita membahas arti serta pengertian dari MILIS, ada baiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan email. Pengertian e-mail dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, bahkan saya mendapatkan istilah surel untuk surat elektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronic mail). Hanya saja, bagi saya pribadi penggunaan istilah email sepertinya jauh lebih nyaman ditelinga.
Lebih jauh, pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor.
Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnya rusdhie@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakan penyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo)
Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dan non web-based. Untuk dapat menggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitus yang disediakan, contohnya  gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain – lain, sedangkan untuk yang non web based pendaftaran dilakukan melalui administrator penyedia layanan. Demikian informasi singkat mengenai pengertian email ini.
Well, sekarang kembali ke topik tulisan ini, yaitu penjelasan tentang MILIS. Pada dasarnya MILIS merupakan singkatan dari Mailing List. Mailing List yang juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment


Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik disini